Home » » Makna dari suatu budaya kita

Makna dari suatu budaya kita

Unknown
GAMBAR-NYA, Updated at: 07.11.00

Keunikan dan keragaman budaya yang berada di Negara Indonesia sungguh tidak terhitung saking banyak jenisnya walaupun kita sebagai warga Negara Indonesia. Apalagi kalau kita mengenal budaya-budaya Negara lain, itu sangat beragam sekali. Maka dari itu, sebaiknya kita mengenal budaya Indonesia baik secara keseluruhan atau sebagian besarnya yang perlu diketahui. Namun sebelum mengenal-budaya-budaya yang Negara kita,sebaiknya terlebih dahulu kita mengerti arti dan makna budaya atau kebudayaan tersebut.
Nah disini mungkin Anda bertanya “ apa arti budaya atau kebudayaan itu?
Sekarang mari kita jawab pertanyaan di atas. Budaya adalah adat istiadat yang ada di lingkungan tertentu baik dari hasil karya maupun warisan dari nenek moyang mereka yang diyakini. Banyak contoh budaya yang perlu kita gambarkan supaya mereka lebih mengerti arti kebudayaan yang sebenarnya.
Untuk lebih jelasnya mari kita memberi satu contoh budaya suku sunda. Biasanya orang sunda menikahkan putra-putrinya, diadakan hiburan pada waktu siangnya dan malamnya di sambung dengan pengajian sebagai syukuran atas anugrah Tuhannya. Contoh tersebut merupakan salah satu budaya yang ada di sunda yang dapat kita cerna sebagai salah satu budaya yang tidak dapat dipisahkan dengan lingkungannya. Tidak hanya itu, budaya orang sunda pun beragam jenisnya baik secara material ataupun non material.
Dengan contoh budaya diatas sepertinya Anda sudah mengerti tentang budaya dan kebudayaan yang memberikan gambaran-gambaran atau suatu aktivitas budaya. Adapun jenis budaya dapat kita kategorian menjadi dua bentuk yaitu:
  • budaya material
Budaya material ini dapat kita ketahui dengan jelas karena memiliki bentuk yang nyata atau kongkrit. Seperti contoh barang atau benda yang ada disekitar kita, itu merupakan salah satu bentuk budaya yang terliah oleh kedua mata kita juga dapat dirasakan manfaatnya oleh kita.
  • Budaya non material
Nah budaya non material atau budaya abstrak yang wujudnya tidak dapat dilihat oleh mata kita, namun dapat dirasakan dengan jiwa kita.
Begitu pula suatu budaya atau kebuadayaan tidak akan terwuduj jika tidak memiliki ketentuan dari 3 faktor dibawah ini, yaitu :
  • Ide
Ide atau gagasan seseorang merupakan salah satu syarat terbentuknya suatu budaya yang dapat dirasakan oleh lingkungan tersebut.
Kegiatan
Kegiatan seseorang yang menghasilkan benda atau karya baik secara seni maupun bentuk lainnya itu bisa melahirkan budaya baru yang bisa bermanfaat bagi lingkungannya.
  • Fisik
Jika suatu ide dan kegiatan seseorang sudah dinilai baik dan benar, maka lahirlah budaya yang bisa dikembangkan oleh lingkungan tersebut..
Jadi kesimpulannya bahwa budaya atau kebudayaan adalah sesuatu yang memiliki nilai baik secara material atau immaterial yang dianut oleh suatu masyarakat tersendiri.
Mungkin sampai sini penjelasan kami tentang budaya dan kebudayaan mohon maaf bila ada kekurangannya. Semoga Anda bisa menanggapi apa yang ada dalam atikel di atas tadi, dan semoga bermanfaat bagi pembacanya mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, karena artikel tersebut bebas dibaca oleh siapa saja. Sekali lagi semoga ilmu yang kami tulis bisa menjadi bahan pengetahuan Anda.

Share This Post :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 GAMBAR-NYA. All Rights Reserved.